Kode Etik Warung Internet Indonesia

Dokumen ini adalah panduan bagi praktisi Warnet untuk melaksanakan komitmen etika yang mengikat secara moral dalam praktik penyelenggaraan usaha jasa Warung Internet Indonesia.

 

1. Aspek Kenyamanan Tempat Usaha dan Perlindungan Tamu

  1. Menghindari tempat usaha yang berpotensi tinggi menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan rawan ancaman bencana alam

  2. Memiliki sirkulasi udara yang cukup dan stabil, tidak terlalu lembap atau terlalu kering sehingga sehat dan nyaman bagi pengelola dan tamu

  3. Memiliki pintu keluar-masuk yang cukup dan atau pintu darurat untuk antisipasi kebakaran serta memiliki perangkat pengaman kebakaran yang memadai

  4. Memiliki area bebas rokok yang terpisah dengan area perokok

  5. Area perokok difasilitasi dengan peralatan sirkulasi udara yang proporsional

  6. Memiliki kamar kecil, saluran pembuangan limbah dan ketersediaan air bersih dalam jumlah yang memadai dan senantiasa terjaga kebersihannya

  7. Menggunakan sekat pembatas / bilik komputer yang wajar, tidak terlalu tinggi dan atau sebagian besar tertutup untuk memudahkan pengawasan dan mencegah terjadinya penyelewengan fungsi

  8. Melakukan perawatan berkala dan pembersihan perangkat AC dan karpet untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan

  9. Memiliki penerangan yang memadai dan nyaman untuk mendukung aktivitas di lingkungan Warnet

 

 

2. Aspek Tanggung Jawab Sosial Pemilik Modal

  1. Selain aspek ekonomi, pemilik modal memiliki tanggung jawab untuk mengkaji secara mendalam implikasi sosial pada masyarakat sekitar tempat usaha warnet

  2. Menyesuaikan daya beli masyarakat dan memberikan kemudahan akses secara inklusif kepada seluruh strata sosial dan jenis komunitas di lingkungannya

  3. Ikut mendorong peningkatan literasi masyarakat di lingkungan sekitarnya tentang pemanfaatan Internet yang tepat guna dan bertanggung jawab

  4. Melakukan antisipasi dampak sosial yang mungkin terjadi akibat penggunaan Internet di Warnet secara proaktif

  5. Melakukan upaya pencegahan eksploitasi akses Internet yang bertentangan dengan norma sosial, agama dan hukum

  6. Memberikan edukasi dan arahan kepada tamu usia belia dan di bawah umur agar tidak melakukan pemborosan dengan melakukan aktifitas Internet yang kurang bermanfaat

  7. Menciptakan lingkungan usaha yang nyaman bagi karyawan dan memberikan hak-hak karyawan dan fasilitas kerja yang memadai sesuai kelaziman, norma dan peraturan perundangan yang berlaku

  8. Memberi fasilitas dan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan diri dan menambah pengetahuan dan keterampilannya

  9. Mempelajari dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh aspek bisnis, strategis dan manajemen sehingga mampu terus menghasilkan inovasi layanan dan meningkatkan nilai tambah bisnis dan manfaat Warnet bagi lingkungan sekitarnya

  10. Menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak yang layak dan legal

  11. Melengkapi legalitas usaha dan menuaikan kewajiban perpajakan

3. Aspek Tanggung Jawab Sosial Pengelola Manajemen

  1. Menyusun program promosi dan marketing yang bersifat simpatik, edukatif dan positif untuk meningkatkan penetrasi pasar sekaligus membangun apresiasi terhadap Warnet dari lingkungan masyarakat sekitar

  2. Memasang himbauan berupa pamflet atau brosur kepada tamu Warnet untuk tidak melakukan tindakan negatif dengan memanfaatkan fasilitas Warnet

  3. Menyusun prosedur pengamanan fisik fasilitas Warnet dan mengupayakan asuransi

  4. Melakukan inventarisasi fasilitas Warnet dan melakukan pencatatan yang akurat

  5. Menyusun standar operasi yang dapat menjamin kenyamanan dan keamanan pelayanan serta melindungi kepentingan tamu

 

4. Aspek Tanggung Jawab Sosial Teknisi dan Operator Warnet

  1. Memastikan kualitas layanan fasilitas Warnet agar selalu dalam performa terbaik

  2. Memberikan pelayanan yang ramah dan bantuan kepada tamu termasuk memberikan bimbingan, arahan, tips dan informasi positif yang dibutuhkan tamu untuk dapat memanfaatkan fasilitas Warnet secara optimal dan efisien

  3. Tidak memberikan informasi negatif yang dapat mendorong tamu untuk mencoba dan memanfaatkan fasilitas Warnet untuk tujuan yang tidak wajar

  4. Mampu memfungsikan dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada perangkat lunak standar yang digunakan Warnet

  5. Bersikap tegas kepada tamu agar tidak melakukan aktifitas negatif memanfaatkan fasilitas Warnet

  6. Meminta dan mencatat identitas tamu termasuk waktu masuk dan keluar serta terminal yang digunakan

  7. Senantiasa bersikap waspada terhadap kondisi lingkungan dan perilaku tamu untuk mengantisipasi maksud jahat pelaku tindak pidana.

Iklan
Komentar
  1. okta berkata:

    wew..separah itu kah…??ck ck ck…

  2. Reizqi berkata:

    Kebanyakan Kode Etik…sekalian aja Kitab Suci disiapin diatas meja warnet….he…he..

  3. Seilena berkata:

    2. Aspek Tanggung Jawab Sosial Pemilik Modal


    10. Menyediakan perangkat keras dan
    perangkat lunak yang layak dan legal

    Bagaimana bila warnet A (misal) sudah mati”an berusaha untuk menjadi warnet legal, sedangkan warnet B (yang notabene berdiri bersebelahan) malah jor”an fasilitas software / program / mp3 / movie yang PASTI tidak legal. Dan di saat seperti itu warnet A benar-benar kehilangan pasar sementara warnet B selalu penuh ?! Kalo gak kompak seperti itu … Bagaimana bisa bertahan ?

  4. sandy berkata:

    apaan sih ini????

  5. dio berkata:

    Setiap community pasti ada kode etik, karena hal ini akan membantu mana yang bisa dijalankan (masih dalam jalur) mana yang tidak. So, maju teruss pak Iwin, meskipun mungkin beberapa item masih sulit diimplementasikan tapi semuanya setidaknya membantu apa yg harus di lakukan dan yang tidak disebuah warnet .

  6. catenanet berkata:

    Pernah denger gak warnet 1000 satujamnya. silahkan ke daerah sanata dharma yogyakarta kampus paingan. padahal dulunya harga normal warnet 3500 lho. sekarang semua harga warnet sekitar sini jadi turun, asyik kan.

  7. uphai berkata:

    gimana kLo waRneT tempat mesum?????
    setuju??????

  8. ryu berkata:

    Klu gitu pake Linux aja deh……, tapi laku gak ya?

  9. GUS NUG berkata:

    kayaknya linux dapat jadi solusi yang lunayan deh, daripada pakai program yang nggak legal….dah banyak distro linux yang stabil ….tapi emang kudu telaten…

  10. anak baru berkata:

    klo anak umur 17 thun isa ga om,buka warnet

  11. Kanca berkata:

    perlu juga ada kode etik pengguna warnet! biar ga disalahgunakan pas ngenet di warnet

  12. Erland Arfandi berkata:

    wwleh .. pake kode etik segala, BASI. bangsa ini rusak karena SUDAH kebanyakan aturan dan kode etik. Pejabat2 aja banyak yang melanggar kode etik, ngapain kita mau tunduk sama kode etik. Gak usah pake yg kayak gituan deh. Jaman sudah susah, cari makan susah. Bangsa sudah mau hancur begini, masih mikirin kode etik. Yg penting bisa cari uang yang halal untuk makan. Pejabat2 dulu yang ikutin kode etik, baru rakyat bisa tunduk pada kode etik. Pejabat2 aja bertingkah kayak BINATANG. Persetan dengan kode etik, yang penting bisa MAKAN.

  13. Rony berkata:

    Kode Etik itu perlu say ………….

    Jangan kita pikirin perut ja moral anak bangsa hancur ……………….

    Ok Man ………………..

  14. anamtamrin berkata:

    betul choy, kalau pemerintah kita udah jebol moralnya kenapa kita ikut-ikutan cebur ke lubang kayak mereka. sulit sih, tapi ini kan namanya seni hidup bersama.

  15. Yodha berkata:

    Katanya yang penting halal……. Halal itu harus sesuai dengan moral yang berlaku Ex : tidak menipu, tidak membajak dan lain-lain sesuai kode etik. semampu saya memenuhi kode etik……..

  16. idul berkata:

    woow gitu to terus kapan baliknya modal kalau segitu amat

  17. ibnu berkata:

    bner bget itu,,kode etik itu perlu,….!?
    yg ga stuju itu biasax suka melanggar kode etik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s