Memilih Lokasi Warnet

Posted: Oktober 4, 2007 in awari, Manajemen, warnet

Memilih lokasi untuk berusaha adalah salah satu point yang paling sulit. Utamanya bagi mereka yang belum memiliki tempat berusaha milik sendiri dan berencana menyewa tempat untuk membuka usaha warnet. Lain halnya jika lokasi tersebut adalah milik sendiri dimana tidak ada pilihan selain menggunakan lokasi yang sudah ada.

Berdasarkan diskusi-diskusi yang sering saya lakukan bersama teman-teman di Awari, maka beberapa point berikut bisa menjadi patokan dalam memilih lokasi.

  • Jangan memilih lokasi yang sudah banyak warnet🙂 kecuali warnet yang akan anda dirikan memiliki kelebihan khusus yang membedakan dengan warnet lain disekitarnya.
  • Tempat yang paling cocok untuk warnet adalah dekat Kampus/Sekolah adalah mitos. Warnet-warnet yang saya dapati berhasil justru lokasinya tidak dekat kampus/sekolah. Malah lokasi dekat kampus/sekolah adalah saksi dari hidup matinya banyak warnet dalam kurun waktu yang singkat.
  • Tingkat kepadatan penduduk yang cukup dan demografi-nya sesuai dengan target pemasaran warnet. Pelanggan warnet terbesar adalah mereka yang berumur 16thn hingga 30-an thn. Jadi buka warnet di sebuah komplek perumahan yang isinya pensiunan tidak di sarankan😉.
  • Lihat di sekitar lokasi apakah ada mini market. Ini adalah salah satu saran dari teman sesama pengusaha warnet. Alasannya sederhana, mereka yang berbelanja di mini market memiliki kemiripan demografi dengan pelanggan di warnet.
  • Tempat parkir yang cukup untuk minimal 10 sepeda motor dan atau 2 mobil. Ini berdasarkan pengalaman, warnet yang tidak memiliki tempat parkir yang cukup akan menyulitkan pelanggan dan tidak menarik untuk di kunjungi

Point-point di atas masih perlu di kombinasikan lagi dengan kemampuan investasi dan target dari pemasaran warnet. Juga bukan merupakan harga mati sebuah lokasi, sebab masih ada faktor kreativitas dari promosi dan tingkat pelayanan dari warnet itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s