Telkom, perbaiki kinerja Speedy mu!

Posted: Februari 20, 2007 in Current Affair, opini, Skandal

Yang terhormat PT. Telkom,

Kantor kami adalah pelanggan Telkom Speedy, sejak Senin 20 Februari 2007 pagi koneksi Internet via ADSL Speedy kami putus. Kami telah melaporkan hal tersebut ke 147, walaupun dengan susah payah kami menunggu untuk berbicara kepada customer care yang tidak memberikan apa apa selain janji akan di tindak lanjuti.

Sampai saat saya menulis blog ini, saya telah menghubungi 147 selama 4 kali dan setiap kali menghubungi saya harus menunggu paling tidak 5 menit untuk berbicara dengan customer care anda. Dan hasilnya adalah sampai sekarang pun ( Selasa 20 Februari jam 21:19) koneksi Speedy kantor kami masih terputus.

Jika ada di antara anda dari PT. Telkom yang terhormat membaca komplain ini, no. tiket pengaduan speedy saya adalah: s.0219.0865. Dengan segala kerendahan hati, saya mengusulkan supaya PT. Telkom untuk meningkatkan kinerjanya melayani pelanggan anda, kinerja pelayanan Speedy anda benar-benar memalukan karena PT. Telkom mengaku sebagai Word Class Operator tapi kenyataannya ISP Lokal dari kampung saya di Makassar sana masih lebih sigap dalam menanggapi protes dari pelanggan.

Saya tidak tahu harus mengadu kemana lagi, agar koneksi internet kami cepat berjalan dengan normal lagi.

Iklan
Komentar
  1. akantetapi berkata:

    Dengan gagah berani, gitu. Eh gagah gemulai juga boleh. Gagah berahi juga oke. Gagah perkosa? Jangan dong.

    Dengan segala kerendahan hati, saya mengusulkan supaya PT. Telkom

  2. grandiosa12 berkata:

    justru lebih bagus protes anda dimuat di blog.. mudah2an PT. Telkom segera mendengar keluhan anda..

  3. Ken Reidy berkata:

    Seperti itulah speedy…

    kedepannya masih ada harapan sedikit membaik, setelah pergantian Direkturnya, meski ga menutup kemungkinan sama aja.

    Pengalaman pribadiku dulu sih selama 3 hari berturut-turur nelponin 147 sampe 6 kali sehari, baru hari ke-4nya didatengin teknisinya yang ternyata cuman 1 untuk 1 areal dengan pelanggan ratusan. Pantes lama servicenya.

    Sekedar saran mas, kalo bisa sampeyan punya nomer telponnya kantor Speedy, bukan 147, bukan nomer bebas pulsa, juga bukan nomer plasa telkom terdekat, melainkan nomer kantor wilayah yang handle masalah gangguan. Di Surabaya misalnya, nomer Speedy kantor Ketintang. Biasanya lebih mujarab.

  4. adit berkata:

    sekalian nimbrung deh soal keluhan speddy. Ditempatku di kawasan Jak Timur bagian selatan sering juga putus konektivitynya. seperti kalau ngeluh juga tidak dilayani. asal jangan keterusan saja….lama2 saya juga akan berhenti langganan.

  5. jeffrey berkata:

    kepada orang yang punya speedy saya punya pengalaman menarik untuk anda………

    Saya punya warnet sampe2 saya jadiin logo di bawah nama warnet saya…….(Cie…… cinta abiez nech ama speedy) tapi……………..
    gw langsung patah hati ama speedy gara2’ya satu bulan bisa 3-4 kali putus melulu itu mah biasa……
    yang paling parah…………NAJIEZ TERAMIT-AMIT warnet gw hampir Collapse (Bangkrut) gara2 putus 10 Hari……… gw bingung mo bayar pake apaan tuch listrik, telepon,ama speedy…… ditambah lagi gw uda lapor ampe tangan keriting kaya kabel lilitan telepon tuk ngadu masalah koneksi tapi kaga ada yg jelas gw dilempar kesana-kemari kaya pimpong…… “oke lah gw dapet potongan 3 hari kerusakan potongan 2% kira” Rp 500.000 lah sedangkan dalam waktu 10 hari pendapatan gw bisa sampe 2,5 jutaan………. n’ pengeluaran gw dalam satu bulan 5 jutaan gila aja tuuuuuuch….. lu bayangin aja dech gmn jadinya kalo gitu molo……” langsung aja gw cerein tuch speedy gw ganti pake wireless yang harganya ga jauh beda ama speedy n’ alhasil gw sangat puazzzzz ama koneksi yg gw pake jadi alangkah baiknya speedy ganti nama jadi Speeteng atau SpeedGo (Speedy Bego) wakakakkakakaka………
    soalnya ato pantesnya koneksi kaya gitu dibuang ke jamban aja……. ga pantes di pasaran Indonesia apalagi buat bidang usaha dijamin bakalan gulung tiker dech………

    Dimohon untuk TELKOM memperbaiki layanannya terutama Speedy mungkin di belakang saya masih banyak yang mengalami hal yang sama dan saya hanya orang yang salah satu nya mengeluhkan hal ini……
    jadi Camkan itu ya…….

    Thx

  6. namasayaadalah berkata:

    aduh duh…mbak/mas kl komplain bok ya kata2nya yg sopan. namanya manusia pasti bisa saja bikin kesalahan, termasuk anda dan saya para komentator blog ini. Tapi sejujurnya, saya sudah membuktikan sendiri koneksi speedy untuk warnet saya, Puji Tuhan…koneksi stabil, speednya cuepet, kenceng en aduhai…TOP deh buat Telkom! Salut.
    Kalo ada suara2 miring, cuekin aja…sirik tanda tak mampu. Ini kan akal2an nya para ISPer krn sirik bin musrik thd.koneksi speedy yg memang well

  7. wisnu berkata:

    telkom speedy kapan masuk di poso nihh…………………bosan nunggu

  8. apaaja berkata:

    gw bukan dri kubu isp mana aja ya…
    gw rakyat biasa yg pake speedy…
    speedy emang dodol bgt…
    mls gw denger namanya juga…
    warnet gw juga dah rugi jutaan neh…

  9. endry berkata:

    Alhamdullilah, spedy di tempat warnetku koneksinya baik. tp waktu tempo hari pernah sih putus koneksi tp aku langsung datang ke plasa telkom utk pengaduan. Bapak/Ibu coba saja datang ke sana mungkin by telephone agak sulit. Bravo Awari . . . salam, semoga ke depan rakyat indonesia dapat menerima informasi dan memanfaatkannya dengan baik. ISP apapun saya salut Bravo …

  10. kris berkata:

    saya tidak tahu harus comment apa??? yg jelas ini bkan cma bo’ongan. saya buka warnet dah 3 bulan ini. saya pake speedy. untuk pertamanya… banyak yg muji ke warnet saya,karena koneksinya cpt(itu pertamanya) tapi beberapa lama kmudian… ko speedy banyak masalah… sring putus2. dah banyak org yg komplen k saya, sehari bisa puluhan kali putus, gimana nih??? saya udah tebel muka istilahnya,, pelanggan bnyk yg pada kabur, sya udah bingung. harap telkom dngr kluhan ini, karena di daerah saya,banyak yg kejadian seperti itu… harap di kasi jalan keluar!!! terima kasih

  11. zzz berkata:

    speedy ? pake speedy = tebel muka (tahan malu sama pelanggan) , keuangan (warnet) pasti morat-marit (kacau). apa lagi di kota kota sedang. kalo jkt atau sby gak usah tanya pasti lancar… lainnya gak tau deh…

    aku sebagai pengusaha warnet udah hidup pas pasan, koneksi mati mati terus…

    telpon 147 jawabannya “di sini baik baik saja”
    di sini itu dimana kang ? sby atau jkt… ? saya di ***** kang seluruh kota speedy mati. kok bisa bilang baik baik saja ?
    saya sudah puasa 3 hari gak makan, karena warnet sepi + speedy mati … di bilang baik baik saja…

    ini telkom maksudnya apa-an sih ? apa pengusaha-pengusaha warnet kecil seperti saya mau dibikin bangkrut? biar yang kaya (pelangan astinet) semakin kaya, sedangkan yang sedang (speedy) di bikin bangkrut(melarat, sengsara) ?
    atau speedy dibuat demikian hanya untuk pancingan supaya pindah ke astinet yang harganya mahal?

    apa manusia sedang ke bawah selamanya hanya jadi kambing hitam PT.Telkom ? (udah kabel tlp diputus 1 bln masih dikenakan biaya pemakaian)….
    menurut ku PT.Telkom sama saja dengan lintah darat yg suka meras rakyat kecil.. hanya untuk kepuasan dan nama baiknya di luar negri….

  12. jacky berkata:

    sekarang speedy udah paling cepet
    1 Mb..
    coba aja

  13. Grindtech berkata:

    ga usah basa basi lagi.. kalian perlu orang lugas seperti gw hahahaha…
    TELKOM SPEEDY ga layak ngaku broadband ADSL dengan Akses Internet Cepat.. udah terlalu sering mereka kirim teknisi untuk keluhan gw tapi semua teknisi gadungan itu pulang tanpa memberi keputusan apapun karena kalah berargumen soal kekuatan ADSL dengan gw..

  14. customersurabaya berkata:

    Saya dari surabaya, siapa bilang koneksi speedy bagus di surabaya? siapa bilang juga speedy isa 1Mb. Itu khan cuman omongan natara orang telkom/speedy aja. Yang jelas tiap telp ke 147 sekarang susah banget, isinya tulalit2 mulu, abis gitu kalo pengaduan, “lagu yg sama” selalu terdengar… “Kami belum dapat info dari pusat” Gilak apa?!? Saya ini mo ngadu malah dihantam rata selalu aja blum dapet laporan trouble dari pusat. Kalo ada salah satu staff speedy liat ini tolong, bener apa ga sih itu dulu pas training cuman diajarin ngomong gituan apa?!? Banyak rekan di sby juga bilang gini, speedy juga banyak banget masalah. Jam kantor kami masih maklumin, tapi ini jam tidur malah ancur banget. Jgn ditanya pas siang2 jam kantor, dc2 mulu isinya. Promosi genjot, tapi kualitas A N C U R!!!
    Rekan di luar negeri tanya pake ISP apaan? Yah kami kasih tau aja SPEEDY. Jadi jgn salah, nama speedy udah sampe ke mancenegara dengan predikat B U S U K!

  15. bagus berkata:

    Sebetulnya sy mau pasang speedy, tp ngebaca tulisan2 itu sy jadi ragu, separah itu ya speedy. Lgian yg sy cari bukan berapa gede kbps nya, tapi stabilnya.
    Untuk menjalankan bisnis server pulsa yg mutlak dibutuhkan adalah kesetabilan, bagi kawan yg punya solusi isp apa ya yg harga terjangkau tapi stabil gitu…?

    wuriyanto@gmail.com

  16. kurawa78 berkata:

    emang spedy mah gebleg euy
    teu bisa diandelkeun, warnet aing ge kedeung-kedeung pegat wae, weureu euy….

    mun teu inget anak pamajikan geus dibalangkeun yeuh iyeu modem, rek dijadikeun ganjelan panto…..

    edan lah pokona mah

    tong hayang masang speedy

    GOOOREEENGGG PATUUUUUUUUUUT

    WEDUS ELEK

    PA LANANG

  17. Wanda Pratama berkata:

    Speedy? Apanya cepat? justru Slowly banget iya. Masih mending kalau seperti iklannya di TV “cepet tapi salah tujuan”, tapi ini kenyataannya buooolooot banget, apalagi bulan September lalu sampai lebih dari 5x nelpon 147 nggak ada perbaikan. Download file 5MB nunggu sampe 3 jam, eh, terputus di tengah jalan. Bener-bener ujian kesabaran di bulan puasa. Pertengahan bulan aksesnya sudah lumayan, eh, awal bulan ini bolot lagi. Cape deeehhh…

  18. Dandoen berkata:

    Gw pengen buka warnet nie…., kalo ngebaca komen temen-temen di atas pake speedy tu ancur abis jadi yang paling bagus koneksi internetnya gw pake apa dong……………….??

  19. Dandoen berkata:

    Tolong kirim e-mail ke gw gate_orc@yahoo.co.id yang bagus koneksinya pake apa dan juga perbedaan harganya ok? gw tunggu ne….

  20. Ruxoni Malaegarde berkata:

    Saya baru balik ke Indonesia.
    Untuk internet saya dianjurkan menggunakan speedy but it’s not as speed as speedy.
    Terlalu banyak kurang.
    Saya melihat Indonesia itu dari service hanya pada awal- awalnya provided well tapi tidak ada perawatan. Seperti di tempat kerja saya, sungguh memilukan. Semuanya ditekan, diakali (Analisa saya KORUPSI). Perusahaan saya swasta, bagaimana pemerintahan. Seharusnya dulu saya dapat internet gratis dan boleh dibilang kwalitas Speedy Indonesia looser. Tidak gratis dan tapi lumayan jika saya compare dengan starone (anjuran teman saya juga) saya rasa itu bukan internet yang pantas dijual, di negara saya gratis pun tidak layak sampai begitu.
    say tidak bermaksud membuat anda orang Indonesia marah tapi saya hanya berusaha membuka pikiran kita semua. semoga semua bisa memahami dan berguna.

  21. elmie andrie berkata:

    speedy capae deh……………………..

  22. kaka' Boncel berkata:

    WooWW….kirain cman di Samarinda (KALTIM) aja yang memakai koneksi speedy yang terputus – putus, ternyata di luar Samarinda juga parah…

    cpa dehh…kek gini caranya ganti aja ahh

    NO SPEEDY lgi..dah kapok..

  23. karla berkata:

    Perlu diketahui untuk orang atas2anya PT. telkom gimana kalo pelanggan speedy pada gak kecewa kalo sebenernya ada kerja sama antara orang telkom ma orang2 speedy…tepatnya mereka orang telkom jual data pelanggan ke kantor2 speedy…DATA DIJUAL…makanya kalo da masalah dioper-oper.duh tolong deh…kerja yang jujur donk biar dapetnya juga halal….speedy imagenya dah jelek malah tambah jelek…..tolong dilihat lagi hasil kerja anak buahnya ya bapak/ibu telkom yang terhormat.tq

  24. INA berkata:

    ko kayanya pada kacau gini sih gara2 speedy…
    tp Alhmdulillah..aku gk da keluhan sih ma speedy…
    lancar jaya aja sih…..gk putus2 ko…..

  25. barakids berkata:

    speedy cm tulisan doang gak sesuai dg namanya,,mas loding nunggu setengah jam/………………payyyyyyyyyyyyah….

  26. dhie berkata:

    Speedy…. hmmm… ada yang bilang speedy itu bagus… ada yang bilang speedy itu payah… jadi ragu2 euy, hmmm… gak jadi daftarnya deh, soalnya kebanyakan yang mengeluh daripada yang muji speedy…

  27. rienor berkata:

    speedy uda basi. saya tiap hari telpon 3x, tapi hasilnya…. nihil.
    setiap telpon slalu bilang uda dibenerin kalo ga gitu bilangnya akan dilaporkan ke teknisi. emosi pake speedy d. bukannya flaming yah, tapi itu semua fakta. kinerja tidak memuaskan banget, ktny speednya 384, tapi hasil yang didapat ga sampe 40kbps, cuma 1-10kbps. tolong yah buat speedy kinerja dimaksimalkan. jangan cuma ngoceh doank.

    mw pindah ke first media juga susa,daerah blom terjangkau. jadi itulah resikonya, mw pake yang bagus tapi susa dapet. giliran yang gampang koneksinya acak kadut

  28. aing berkata:

    wadoh.. speedy yg stabil donk.. masa saya udah upgrade ke exclusive, koneksi nya masih dodol T_T terus malah install ulang smua kompi saya, udah saya ikutin ternyata tetep aja koneksi nya jelek!

  29. jarot berkata:

    Iya di Tasikmalaya juga sama acak adutnya, awalnya aja kira2 3 bulan speedy lancar setelah lewat 3 bulan parah banget tuh speedy, bikin bangkar perusahaan aja, bener2 payah banget tuh spedy mending udah ganti aja namanya jadi speedol = speedy dodol , lebih serasi dengan kerjanya yg ngedodol terus, cape deh speedy

  30. ridwan berkata:

    speedy harusnya ganti nama dgn slowly… eh mending slowly bsa jln meskipun secepat kura2.. ini malah lebih parah, terputus2… klo gni terus wanet saya bisa bangkrut..
    Qta sama2 di bidang jasa..
    mohon dgn sangat PROFESIONAL dgn slogan SPEEDy

  31. ridwan berkata:

    udah nlp k 147 smp berkali-kali jawaban nya sama… di tunggu ya…. smpai kpn …??? 2012 kah ???!!!!

    mending klo bka bwt d pakai pribadi,
    klo usaha warnet…??? binun cuy…
    paket yg d ambil exclusive

  32. speedy_lemot berkata:

    speedy? gk salah tuh?? gk pantas, bahkan JAUH DARI PANTAS memakai nama ‘speed’….

  33. ady berkata:

    sy buka warnet sudah 4 bulan di Makassar, Waktu pertama2 buka koneksi speedy sangat cepat dan banyak yang memuji bahkan pelanggan sampai antri. tp lama kelamaan sering putus & koneksi semakin lambat. pelanggan mulai kabur & kerugiaan semakin bertambah.. sy berpikir untuk ganti provider, apa ada saran provider yg lebih baik?agak mahal dikit dak apa-apa asal puas.. dak ada lagi keluhan & marah2 pengguna warnet.. makasi. Tolong infonya

  34. rhakean berkata:

    pada tanggal 20 agustus 2010 jam 14.00wib speedy disconect
    saya telepon 147 untuk keluhan dapat jawaban jaringan baik dari kami .saya disuruh cek perangkat komputer saya.padahal lampu DSL dan INTERNET di MODEM mati .bagi saya yang awam itu tanda jaringan jelek bukan pada perangkat .kondisi berlanjut sampai tgl 21 agustus 2010 saya datangi kantor telkom pukul 10 .wib dan dapat jawaban gangguan masal perubahan Bandwith.padahal warnet tetangga tidak mengalami gangguan saat saya posting ini baru bisa terhubung kembali

  35. Iman berkata:

    kejadian warnet ane bangkruttt….bangkar ane….speedy tega amat…..

  36. saguna berkata:

    Pertama gue buka warnet pake speedy paket game, tapi hampir setiap menjelang tengah malam DC, padahal itu waktu rame2nya client pada maen. gue udah lapor sana-sini, 147 sama kantor telkom terdekat sampe2 besok paginya gue susulin ke kantor telkom, tapi tetep setiap menjelang tengah malam selalu DC, baru bisa konek lagi sekitar jam 3 pagi…
    Lama-lama gue gerah juga tuh ama Spidol bego, terpaksa gue talak 3 sekalian. abis itu gue coba pake SMART (tempat gue blm masuk evdo) tapi anehnya speed speedy yg paket game ga jauh ama speed smart yg cuma 115 Kbps, SMART lebih stabil. buka FB lancar, buka apapun bisa cuma kalo buka game online ya jangan harap… tapi untuk speed SMART yg segitu gw rasa SMART lebih bisa mengerti pelanggan daripada Speedy.

  37. joko berkata:

    MUNGKIN SPEEDY SUDAH MULAI BERBENAH DIRI,TERBUKTI DIGANTINYA SALURAN/KABEL TELEPON YG MASUK DIPERUMAHAN SAYA.YG TADINYA SEMRAWUT KINI LEBIH RAPI.
    NAMUN KENAPA KABEL YG BARU MALAH MEBUAT KONEKSI INTERNET TERGANGGU…????
    SERINGNYA OFF LINE MEBUAT PELANGGAN WARNETKU MENGGERUTU DAN KABUR.DAN BENER KATA ORANG,TELP 147 BUKAN SOLUSI…

  38. nanang berkata:

    speedy itu waduk dan ngawaduk hungkul bisanya minta duit aja….mengapa speedy waduk dan amburadul…karena muka orang2 nya juga waduk dan amburadul jadilah manajemen dan servicenya juga amburadul. makanya jangan hanya slogan atuh euy….sing baleg ngurus pelanggan teh

  39. abdhie berkata:

    koneksi speedy sekarang sering sekali mengelami gangguan,entah gimana cara kerja operatornya,atau mungkin ada oknum yang sering membajak IP.

  40. artye berkata:

    gimana niih speedy nyesel saya naikin paket, bilang nya bisa rubah dalam 1×24 jam.tapi sampe sekarang dah lebih dari 2×24 jam malah tetep koneksi yang lama.kalo telat aja di telepon bahkan sampe di blokir tapi mana pelayanan terbaik mu,kita sebagai pelanggan gak pernah dapet toleransi tapi kenapa kita harus menunggu pelayanan itu.

  41. Ashadi berkata:

    emang dodol kok,,,,,
    saya awalnya masang speedy karena tergiur dengan tarif Rp. 99.000.- / bulan. murah memang, dan cepet lagi. tapi. ternyata eh ternyata…..Rp. 99.000/bulan itu cuma akal bulus doang. 3 bulan kemudian naik dan terus naik hingga sekarang (November 2011) sudah Rp. 250.000. katanya waktu saya masang emang lagi promosi, tapi teman saya sampai sekarang masih Rp. 99.000. itu gmn sih??? oke lah naik tarifnya, tapi kok ini kecepatannya malah turun 50%. tarif naik 150% tapi kecepatan turun 50%.Ini teori darimana??? kok jasa yang kita terima ga sesuai dengan yang kita bayar. kira-kira ini penipuan atau saya yang awam masalah bisnis?? tambahan, beberapa bulan lalu saya ditawari promosi pemasangan Satellite TV Telkom Vision oleh Customer Care Telkom. saya ngomong panjang lebar tentang promosi ini, dan saya diyakinkan kalau ini murni promosi dan gratis selama 3 bulan. saya juga menanyakan bagaimana kalau kita tidak memperpanjang promosi ini dan minta di cabut. katanya tidak masalah. akhirnya saya bersedia.setelah 3 bulan, saya merasa tidak terlalu memerlukan Telkom Vision dan minta dicabut saja. tapi ternyata, kalau dicabut sekarang, maka saya akan dikenakan denda Rp. 500.000 karena pemasangan belum genap sampai setahun.WHAAATTT!!!! saya terus terang merasa ditipu karena setelah promosi 3 bulan tersebut, maka saya harus membayar tagihan Telkom Vision+Speedy setiap bulannya. kalau begini saya bisa jatuh miskin….

  42. nono berkata:

    iya…sama..
    pengalaman saya pakai speedy…juga begitu…tapi saya gak putus asa,kalau ada masalah saya lapor 147 sampai tuntas ..eee ketemu penyakitnya sekarang sudah bagus ..kalu lapor 147 bilang kalau petugas nya belum berhasil…terus aja lapor…

  43. meranyau berkata:

    gw pelangan speedy dah dari tahun 2007 cuma 1 pengalaman wa ma speedy jaringan lancar 1 bulan = LANGKA tp klu 1 bulan putus-putus ada 1 – 4 kali = WAJAR BUAT SPEEDY keluhkan ke 147 paling tinggi komennya 1. kami sudah mengecheck jaringan yg ada dan baik saja, 2, coba check di komputer ada mungkin ada virus dan lain2 bla bla bla 3, baik kami telah menerima keluhan ada dan akan segera kami kirmkan teknisi untuk melakukan pengechekan ke tempat anda ( sampai kiamat ngga datang2 )
    emang karyawan speedy di latih buat ngomong gitu doang klu ada keluhan miris.
    nama speedy terkesan cepat tp aslinya speed cuma kelas telpon koin.
    bisa ngomong gini sangkin kesalnya sama pelayanan speedy.. yg lancar di speedy cuma ada 1 TAGIHANNYA klu telat pasti langsung di putus. nice work speedy setidaknya buat perusahaan anda bukan buat pelanggan anda yg dah kasih masukan tiap hari buat speedy.

  44. ninah berkata:

    hei yg tukang nagih tagihan internet speedy lewat telp, kalo mo nagih tanya2 dulu ma
    pegawai bagian keuangan, jangan nagih speedy sama orang yang sudah bayar lunas, gimana ini teh, asa kurang profesional…..nelp ma anaku suruh bilangin ke mamanya suruh bayar internet, bayar apaan?????????!!!!!

  45. Yudi berkata:

    Dengan laporan yang sama, baik keluhan , kekecewaan dan usulan.
    Se olah” Speedy itu tidak memiliki seorang Pemimpin, karena setiap pengaduan pelanggan tidak mendapat respon positif. Kita seakan bicara sama mesin yang sudah di program yang tidak memiliki hati dan perasaan, seperti halnya 147.
    Pengusaha Warnet bakal bangkrut jika bekerja sama dengan speedy.

  46. joe berkata:

    spidol memang ada yg bagus, ibarat buah-buahan ada yg bagus ada yg busuk, tapi lebih banyak yang busuk, makanya ati-2 kalo beli ntar dapet yg busuk. mestinya barang busuk jangan dijual donk…. masa di campur ama yang bagus trus ngakunya barang bagus…terlaluuu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s